Senin, 24 April 2017

Basarnas tempatkan satu Helikopter SAR di Medan

Selasa, 10 Januari 2017 18:07

Foto: Kontributor Elshinta, Heru Rahmad Kurnia. Foto: Kontributor Elshinta, Heru Rahmad Kurnia.
Ayo berbagi!

Badan SAR Nasional (Basarnas) dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menandatangani nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama operasional helikopter SAR Provinsi Sumatera Utara.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dengan Kepala Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Sulistiyo di Lanud Suwondo Medan, Selasa (10/1), seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Heru Rahmad Kurnia.

Disampaikan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, berdasarkan geografis, geologis, demografis dan klimatologis, Provinsi Sumatera Utara masuk dalam kategori rawan bencana, baik bencana yang disebabkan faktor alam, non alam maupun perbuatan manusia.

Oleh karenanya dibutuhkan keterlibatan lembaga, badan dan berbagai pihak melalui koordinasi dan terintergrasi secara baik.

"Hari ini kita melihat satu unit heli yang cukup canggih dan menjadi kebanggaan kita bersama. Tentunya keberadaan heli ini memberikan dukungan kapasitas baik sarana dan prasarana maupun kompetensi sumber daya manusia dalam kesiapsiagaan, pencarian dan pertolongan korban bencana," kata Tengku Erry.

Penempatan helikopter SAR di Medan ini, papar Tengku Erry, tidak lepas dari permohonan pihaknya kepada SAR Nasional melihat kondisi Sumut dan beberapa provinsi sekitarnya yang rawan bencana.

"Alhamdulillah permohonan kita itu disetujui. Kita patut berterima kasih kepada Kepala SAR Nasional dan Basarnas. Kita berharap Heli Basarnas ini bekerja khususnya program kemanusian dan kegiatan lain. Mudah-mudahan ini akan bermanfaat," ujar Tengku Erry.

Sementara itu, Kepala SAR Nasional Marsekal Madya FH Bambang Sulistiyo mengatakan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik untuk bisa hadir dengan cepat ke daerah bencana sesuai dengan standar SAR internasional.

Salah satunya, kata Bambang Sulistiyo, dengan menempatkan Helikopter SAR di Kota Medan dan keberadaan helikopter ini meliputi kawasan bencana di Sumatera bagian utara dan tengah yakni Aceh, Sumut, Padang, Pekan Baru, dan Jambi. 

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar