Senin, 27 Februari 2017

Disdik Sukoharjo petakan sekolah gelar UNBK

Selasa, 10 Januari 2017 19:24

Foto: Ilustrasi Foto: Ilustrasi
Ayo berbagi!

Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo Tengah memetakan sekolah-sekolah untuk pelaksaan ujian nasional berbasis komputer/UNBK.

Pemetaan dilakukan menyusul anjuran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud, bahwa seluruh sekolah menggelar UNBK. Meskipun tidak wajib, daerah yang dinilai mampu menggelar UNBK tetap disarankan menggunakannya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, Darno mengatakan, pemetaan sekolah terkait kesiapan sarana prasarana UNBK diperlukan. Hal tersebut terkait dengan kemampuan sekolah menyediakan komputer untuk pelaksanaan UN. Dari data tahun sebelumnya, sekolah tingkat SMP di Sukoharjo baik negeri maupun swasta yang melaksanakan UNBK sebanyak lima sekolah, SMA dan MA negeri maupun swasta lima sekolah sedang SMK empat sekolah. Sementara, jumlah sekolah diseluruh Sukoharjo untuk SMP tercatat ada 84 sekolah, SMA dan MA 33 serta 28 SMK.

"Pemetaan kepemilikan komputer dan sebaran sekolah untuk menentukan sekolh terdekat yang bisa digabung," katanya, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini.

Menurut Darno, kekurangan komputer juga akan terdata. Dinas tinggal mengupayakan menambah dengan pengadaan, mengajukan bantuan ke pusat atau meminjam sekolah dan siswa yang memiliki komputer. Teknis UNBK tidaklah rumit dengan sistem jaringan internet. Tetapi soal akan diinput ke komputer yang disediakan oleh operator lokal sehari sebelum UN berlangsung. Ada 20 komputer disetiap ruangan dengan tipe soal yang berbeda beda sesuai jumlah komputer. "Hal ini akan diulang apabila ada sekolah yang menggabung UN," imbuh dia.

Darno menambahkan, pelaksanaan UNBK pada dasarnya lebih ringan dalam hal teknis pelaksanaan dan pendanaan. Pengawas lebih ringkas dan tidak membutuhkan banyak kertas,  yang diperlukan hanya jaminan suplai listrik lancar selama pelaksanaa UN.

"Kendala dalam pelaksanaan UNBK di Sukoharjo sebenarnya hanya jarak sekolah satu dengan yang lain yang cukup jauh dijangkau siswa, karena belum tentu sekolah terdekat menggelar UNBK," pungkasnya.


Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar