Kamis, 14 Desember 2017

Xi Jinping Temui Presiden Zimbabwe

Rabu, 11 Januari 2017 00:00

Ayo berbagi!

Presiden Tiongkok Xi Jinping kemarin (9/1) di Beijing menemui Presiden Zimbabwe Robert Mugabe.

Xi Jinping dalam pertemuan menunjukkan, persahabatan tradisional antara Tiongkok dan Zimbabwe telah mengalami ujian waktu dan pancaroba internasional, dasarnya menjadi semakin kukuh. Pihak Tiongkok menilai tinggi dukungan tegas pihak Zimbabwe dalam masalah terkait kepentingan inti Tiongkok dan masalah penting lainnya, pihak Tiongkok akan terus mendukung Zimbabwe dalam upaya memelihara kedaulatan, keamanan dan kepentingan pembangunan, mendukung rakyat Zimbabwe untuk bebas memilih jalan pembangunan.

Xi Jinping menegaskan, di bawah upaya bersama kedua pihak, kesepahaman yang dicapai dan hasil KTT Johannesburg Forum Kerja Sama Tiongkok-Afrika sedang diterapkan dengan positif. Sementara itu, kerja sama antara kedua negara di bidang-bidang pembangunan infrastruktur dan pertanian sedang mengalami kemajuan. Pihak Tiongkok bersedia bersama dengan pihak Zimbabwe untuk meningkatkan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan.

Robert Mugabe dalam pertemuan menyatakan, dalam jangka panjang Tiongkok telah menyediakan bantuan berharga kepada perkembangan ekonomi dan sosial negara-negara Afrika, termasuk Zimbabwe, negara-negara Afrika sedang mengambil langkah positif untuk mendorong dan melaksanakan 10 program kerja sama yang diumumkan oleh Presiden Xi Jinping dalam KTT Johannesburg. Pihak Zimbabwe bersedia terus meningkatkan kerja sama dengan pihak Tiongkok di bidang-bidang infrastruktur dan pertanian.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar