Senin, 26 Juni 2017

Waspadai penipuan modus ucapan duka cita di surat kabar

Rabu, 11 Januari 2017 09:05

Ilustrasi Ilustrasi
Ayo berbagi!

Polda Metro Jaya menangkap pelaku penipuan berkedok ucapan duka cita di salah satu surat kabar. 

Pelaku penipuan tersebut merupakan seorang pria bernama SA, yang bertugas menerima uang hasil penipuan dari sindikat lainnya.

“Pelaku kami tangkap di rumahnya di kawasan Petojo Selatan, (Selasa) dini hari tadi,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, Selasa (10/1).

Menurutnya, seperti diinformasikan melalui laman resmi Puskominfo Bid Humas Polda Metro Jaya, Selasa malam, penangkapan terhadap SA merupakan pengembangan dari penangkapan pelaku lainnya.

Modus yang digunakan pelaku adalah dengan mengaku sebagai pengurus dari Rumah Duka Jabar Agung yang memasukkan obituari orang tua korban ke salah satu harian media nasional. Tujuaannya, agar keluarga korban tahu jika pihak rumah duka memasukkan nama almarhum orang tuanya di koran.

Korban kemudian ditelepon oleh salah satu pelaku yang kemudian meminta bayaran sebesar Rp40 juta.

Pembayarannya dilakukan via transfer melalui rekening yang disediakan.

“Permintaan itu sempat dilakukan beberapa kali hingga akhirnya pelaku meminta uang lagi dengan dalih penambahan fasilitas,” kata Kombes Pol Argo.

Kombes Pol Argo melanjutkan, pelaku lainnya yakni Dim lantas mencairkan dana dengan cara diambil tunai kemudian memecahnya ke beberapa rekening.

“Setelah penelusuran, akhirnya kami berhasil menangkap pelaku, Al dan SA. dengan barang bukti 68 lembar ATM dari berbagai bank,” pungkas Kombes Pol Argo.

Akibat perbutannya, para pelaku dijerat Pasal 378 tentang Penipuan dengan ancaman kurungan tujuh tahun. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar