Senin, 24 April 2017

Tiongkok akan terbitkan kebijakan keamanan Asia Pasifik

Rabu, 11 Januari 2017 17:12

Foto: Antara Foto: Antara
Ayo berbagi!

Tiongkok akan menerbitkan "kertas putih" kebijakannya terkait kerja sama keamanan di Asia Pasifik, menyusul dinamika geopolitik dan geostrategi di kawasan yang dinamis.

Penjelasan kertas putih tersebut akan dilakukan oleh Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Liu Zhenmin dan juru bicara Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok Hu Kaihong, di Beijing, Rabu (11/1) petang.

Kawasan Asia Pasifik Akan terus menjadi fokus perhatian dunia. Klaim tumpang tindih kawasan perairan hingga batas udara telah meningkatkan tensi ketegangan antarnegara di kawasan tersebut.

Bergesernya pendulum geopolitik dan geoekonomi dalam satu dekade lebih ke kawasan Asia, pun telah memaksa Amerika Serikat untuk menggeser kekuatannya ke kawasan dengan wilayah terluas dan berpenduduk terbanyak di dunia, sekaligus untuk menahan laju kekuatan militer Tiongkok.

Kehadiran kapal selam Tiongkok di Kota Kinabalu, Malaysia pada 3 Januari silam, sebagai bentuk "port visit" setelah melakukan misi di Teluk Aden dan Somalia, pun ditengarai terkait situasi di Laut China Selatan yang diklaim oleh beberapa negara ASEAN dan Tiongkok.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lu Kang menegaskan persoalan di Laut China Selatan tidak akan pernah menjadi hambatan hubungan baik antara Tiongkok dan ASEAN.

Lu menegaskan isu Laut China Selatan, adalah persoalan antara Tiongkok dan beberapa negara ASEAN, bukan persoalan antara Tiongkok dan ASEAN.

"Tiongkok akan tetap komitmen menyelesaikan persoalan di Laut China Selatan secara bilateral, dan bersama-sama ASEAN menjaga stabilitas keamanan serta perdamaian di kawasan." Tiongkok, lanjut dia, lebih mengedepankan pembangunan dan kerja sama dengan ASEAN serta tetap menyelesaikan beragam isu secara baik dan tepat, mendorong hubungan serta kerja sama yang lebih maju dengan ASEAN pun kerja sama Asia Timur. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar