Kamis, 23 November 2017

Sidak ke pasar, Komisi IV DPR RI temukan harga cabai capai Rp 140 ribu per kilogram

Rabu, 11 Januari 2017 17:23

Foto: Reporter Elshinta.com, Doddy Handoko. Foto: Reporter Elshinta.com, Doddy Handoko.
Ayo berbagi!

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron melakukan sidak ke pasar Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (11/1). Ia mendapati harga cabai yang mencapai Rp 140 ribu per kilogram untuk jenis rawit.

Menurutnya harga itu tidak rasional mengingat di petani harganya masih di bawah Rp. 30 ribu per kilogram. "Per hari ini tanggal 11 Januari 2017 harga cabai besar antara Rp 50 ribu sampai Rp 55 ribu per kilogram. Harga cabai keriting hampir sama Rp 50 per kilogram sampai Rp 55 ribu per kilogram tetapi harga cabai rawit di Pasar Palmerah ini sebesar Rp 140 ribu per kilogram," ungkapnya.

Ia memprediksi bahwa tingginya harga cabai masih berlangsung sampai beberapa hari ke depan. Dirinya sudah mengecek secara langsung ke Dirjen Holtikultura mengenai harganya dari tingkat petani hingga ke pasaran.

"Daerah-daerah produksi sebetulnya berproduksi secara normal, harga di daerah pun harganya memang awalnya normal. Namun ketika kemudian harga pasar ini naik, sekarang harga di petani sudah mulai naik. Nah untuk turun dalam segera memang ini butuh waktu," tuturnya.

Kenaikan harga di pasaran tak lepas dengan distribusi dari petani ke pasar tradisional. Dikatakannya, kalau produksi di petani berlangsung dengan baik lalu suplai di pasar cukup tinggi berarti ada aspek distribusi yang harus diperhatikan.

"Harus ada yang mengurusi distribusi ini yang faktor distribusi ini dipengaruhi oleh libur panjang, natal dan tahun baru,"ujarnya. (Dody/Anj)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar