Senin, 25 September 2017

Sydney Keluarkan Peringatan Soal Terbentuknya Ozon Beracun

Rabu, 11 Januari 2017 18:40

Ayo berbagi!

Departemen Kesehatan di negara bagian New South Wales telah mengeluarkan peringatan bagi orang-orang yang memiliki gangguan pernafasan. Peringatan ini dikeluarkan menyusul udara yang mengandung gas beracun di Sydney.

Gabungan antara suhu udara yang panas, cuaca tak berangin, dan polusi telah menjadi penyebab kelebihan ozon yang berbahaya di kawasan pinggiran Sydney barat.

Departemen Kesehatan New South Wales Kesehatan juga menilai kualitas udara saat ini "buruk".

Mereka meminta agar warga yang memiliki masalah pernafasan, seperti asma, harus berhati-hati.

Ozon adalah gas beracun yang terbentuk saat polusi bereaksi dengan oksigen di udara. Keadaan ini semakin parah saat suhu panas di kota-kota yang memiliki banyak mobil.

Jika terhirup maka dapat merusak paru-paru dan menyebabkan sakit dada, batuk-batuk, serta rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Gas ini juga terbentuk saat oksida nitrogen dari knalpot mobil, udara dari AC bereaksi dengan oksigen di udara saat suhu panas.

Biasanya, angin meniupkan polusi, tapi di saat cuaca tak berangin keadaan ini menjadi parah.

Tingkat ozon tinggi di kawasan Sydney Barat

Dr Ben Scalley, direktur Kesehatan Lingkungan dari Depks NSW mengatakan tingkat ozon kemungkinan akan tinggi di Sydney Barat.

Ia mengatakan peristiwa ini terjadi di musim panas.

"Penting bagi mereka yang mengalami gangguan pernafasan, seperti asma, untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan menggunakan obat jika perlu," katanya.

"Jika gejala pernapasan memburuk, penting bagi mereka untuk mencari nasihat medis."

Gas ini memiliki peranan penting bagi manusia, namun saat berada di lapisan udara stratosfer, umumnya dikenal sebagai lapisan ozon, yang menghambat masuknya sinar ultraviolet berbahaya dari matahari.

Suhu di kota Sydney diperkirakan akan meningkat besok, hingga mencapai suhu maksimal 38 derajat Celsius di kawasan pantai dan 40 derajat Celsius di kawasan Penrith.

Peramal cuaca dari Badan Meteorologi Australia (BOM), David Berry, yang memilki asma, mengatakan ia akan membawa puffer atau obat hisap asma di sakunya.

"Ketika benar-benar panas dan tak ada angin, bisa banyak polutan terbentuk, dan dalam hal ini adalah ozon," katanya.

"Ini dari hasil pembakaran bahan bakar, pendingin suhu, dan hal semacam itu."

"Dimulai dari kawasan perkotaan, lalu cuaca panas memperburuknya."

Diterbitkan oleh Erwin Renaldi pada 10/01/2016 pukul 12:00 AEST, dari laporan berbahasa Inggris, yang bisa dibaca disini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar