Kamis, 23 November 2017

Program nusantara sehat berdampak positif bagi masyarakat perbatasan

Rabu, 11 Januari 2017 12:20

Ayo berbagi!

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melaksanakan Program Nusantara Sehat 2016. Program Nusantara Sehat telah menempatkan 1.421 tenaga kesehatan di 251 Puskesmas di Indonesia. Tahun 2016, sebanyak 630 tenaga kesehatan ditempatkan di 70 Puskesmas pada Mei 2016, dan 60 Puskesmas pada Oktober 2016 yang bertugas masing-masing selama dua tahun.

Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan Kemenkes Usman Sumantri mengatakan setelah bertugas selama dua tahun pertama dan lakukan intervensi terhadap pelayanan kesehatan di daerah tertinggal, perbatasan, kepulauan terluar dan daerah bermasalah.

"Selama ini kinerja tenaga kesehatan pada Program Nusantara Sehat memperlihatkan dampak positif," kata Usman dalam keterangan pers di Kemenkes, Rabu (11/1), seperti dikutip RRI.co.id

Fokus utamanya, ujarnya, seperti permasalahan kekurangan gizi, penyakit menular, dan pola hidup sehat. Selama ini, tenaga kesehatan yang diturunkan menunjukkan kinerja yang membaik dan capaian program berjalan baik.

"Secara umum capaian Nusantara Sehat menunjukkan dampak yang baik bagi masyarakat dan terjadinya peningkatan kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing," tuturnya.

Diare misalnya turun 80 persen di Puskesmas Empang, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Penderita kusta yang menjadi meningkat kepatuhan meminum obat mencapai 89,47 persen di Puskesmas Marotai, Maluku Utara.

"Yang penting adalah berlangsungnya pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan kesehatan terpadu," pungkasnya.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar