Kamis, 30 Maret 2017

Gempa 4,8 SR guncang Alor

Kamis, 12 Januari 2017 07:48

Ilustrasi Ilustrasi
Ayo berbagi!

Gempa berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) mengguncang Pulau Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (12/1) pagi pukul 06.44 WITA. 

Informasi yang diterima dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kupang menyebutkan, lokasi gempa terletak pada koordinat 7.95 Lintang Selatan (LS) dan 124.92 Bujur Timur (BT), terjadi di Laut sekitar 405 kilometer timur laut Alor pada kedalaman 405 kilometer.

Gempa tersebut juga dikategorikan sebagai gempa yang tidak menimbulkan gelombang tsunami. Bahkan, sejumlah warga yang dihubungi Antara dari Kupang mengaku tidak merasakan getaran gempa tersebut.

"Kami tidak rasakan gempa tersebut, kalau kami rasakan pasti sudah keluar rumah," ujar seorang warga, Ama.

Sebelumnya, gempa bumi tektonik berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR) terjadi di Sumba Timur, NTT, pada Sabtu (7/1) lalu akibat aktivitas subduksi lempeng.

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng," kata Kepala BMKG Kelas I Kupang/Koordinator BMKG NTT, Hasanudin.

Gempa di Sumba tersebut pada peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan di daerah Waingapu dalam skala intensitas II SIG-BMKG atau (IV MMI). 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar