Kamis, 23 Februari 2017

Kemenhub janji bersama BNN tingkatkan pengawasan pilot

Kamis, 12 Januari 2017 08:58

Ilustrasi. Foto: elshinta.com Ilustrasi. Foto: elshinta.com
Ayo berbagi!

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berjanji akan meningkatkan pengawasan keselamatan penerbangan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN), dalam pengawasan dan pemeriksaan pilot terhadap penggunaan narkoba di bidang transportasi secara umum. 

Kepala Bagian Kerja Sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, Agoes Soebagio dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (11/1),mengatakan, pilot yang terindikasi menggunakan narkoba tidak diperbolehkan menerbangkan pesawat hingga diketahui hasil pemeriksaan yang mendetail.

"Pilot tersebut harus segera diperiksa secara intensif baik di Balai Kesehatan Penerbangan Ditjen Perhubungan Udara maupun Badan Narkotika Nasional (BNN)," katanya.

Menurut Agoes, dikutip Antara, pemeriksaan intensif tersebut diperlukan untuk mengetahui apakah pilot yang bersangkutan benar-benar mengkonsumsi narkoba atau tidak.

Pilot yang nantinya positif menggunakan narkoba, akan dikenakan sanksi yang berlaku.

Pernyataan tersebut menanggapi adanya indikasi dua pilot maskapai Susi Air yang menggunakan narkoba, pada Rabu.

Pada Rabu pukul 10.00 WIB, BNNK Cilacap melakukan pemeriksaan urine kepada pilot maskapai Susi Air yang baru mendarat di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap dari Bandara Nusa Wiru dengan menggunakan pesawat Cessna Caravan.

Dari pemeriksaan tersebut, dua personel pilot atas nama Bas Hellings dan David Eloy terindikasi positif menggunakan narkoba.

Berdasar KA hasil pemeriksaan, dua pilot tersebut kemudian dilarang untuk menerbangkan pesawat kembali.

Pada pukul 15.08 WIB, dua pilot tersebut bersama petugas dari BNNK Cilacap diterbangkan menuju Jakarta untuk kemudian dilakukan pemeriksaan yang lebih intensif di kantor pusat BNN.

Agoes menanggapi positif inisiatif maskapai penerbangan Susi Air, BNNK Cilacap dan inspektur Otoritas Bandar Udara Wilayah 3 di Bandara Tunggul Wulung Cilacap yang membawa dua pilot tersebut ke kantor pusat BNN di Jakarta untuk pemeriksaan yang lebih intensif. 

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar