Senin, 26 Juni 2017

KPU pastikan surat suara dicetak bulan ini

Kamis, 12 Januari 2017 12:26

Ayo berbagi!

Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang memastikan pencetakan logistik surat suara, tinta dan hologram untuk pelaksanaan pemungutan suara Pilkada serentak wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur dilakukan Januari ini.

"Sesuai jadwalnya dalam pekan ketiga Januari sudah bisa dicetak dan setelahnya dikirim ke Kupang untuk tahapan sortir surat suara," kata Ketua KPU Kota Kupang Marianus Minggo di Kupang, Kamis (12/1).

Dia menyebut, untuk surat suara dicetak di Surabaya, Provinsi Jawa Timur, beserta pengadaan tintanya. Untuk dua kebutuhan tersebut ditangani PT Temprina.

Sedangkan untuk hologram, kata dia, pengadaannya dilakukan di Jakarta dengan pelaksana pengadaan PT Betawi.

Meskipun dilakukan di dua daerah berbeda, namun dipastikan akan berjalan sesuai agenda dan tahapan yang ada.

Marianus mengatakan, penetapan lokasi dan perusahaan pengadaan tiga jenis barang yang masuk dalam bagian logistik pilkada serentak 2017 itu sudah sesuai dan berdasarkan peraturan yang ada. "Kami KPU tidak mau ambil risiko. Semua hal tersebut dilakuakn sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Dia mengatakan, untuk jumlah surat suara akan dicetak sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah 2,5 persen sebagai cadangan. Dengan demikian maka akan terdapat 235.265 surat suara pilkada serentak plus 2,5 persen dari jumlah tersebut.

Setelah pencetakan dan dikirim ke Kota Kupang, lanjut Marianus, surat suara itu akan langsung disortir untuk memastikan kelaikan dokumen negara tersebut.

Jika terjadi kerusakan dan tidak sempuran maka akan langsung dimusnahkan dan diganti dengan cadangan yang ada tersebut, untuk membatasi peredaran surat suara itu. "Kalau tidak demikian maka akan disalahgunakan," katanya.

Porses sortir kata Marianus yang sudah dua periode menjadi komisioner KPU itu, akan melibatkan pihak ketiga dalam hal ini masyarakat yang tentunya akan direkrut secara kelembagaan. "Mungkin akan kita rekrut masyarakat untuk membantu melakukan sortir surat suara," katanya.

Pelaksanaan sortir nantinya, kata Marianus, akan diawasi sehingga benar-benar berjalan baik dan tertib.

Pascamelakukan sortir, pada H-6 pelaksanaan pemungutan suara, seluruh surat suara akan dipaking dan disatukan dengan logistik lainnya dan dijadikan sebagai logistik pilkada serentak 2017 dan didistribusi ke seluruh panitia pemungutan suara (PPS) di 51 kelurahan yang ada.

"Semua kegiatan dan tahapan itu akan diawasi ketata oleh KPU juga oleh aparat kepolisian," katanya.

Terhadap formasi DPT yang sudah ditetapkan, Marianus menyebut, DPT Pilkada serentak 2017 berjumlah 235.265 pemilih dengan komposisi jumlah pemilih laki-laki sebanyak 116.887 orang dan pemilih perempuan sebanyak 118.478 orang.

Para pemilih tersebut akan tersebar di 660 tempat pemungutan suara (TPS) di 51 kelurahan dan enam kecamatan dengan setiap TPS, akan terdapat maksimal 800 pemilih dengan titik lokasi TPS sedekat mungkin di tengah permukiman warga.

Pilkada serentak 2017 di Kota Kupang, KPU menetapkan dua pasangan calon masing-masing nomor urut `1` yaitu Jefri Riwu Kore-Hermanus Man (Firmanmu) yang diusung Partai Demokrat, PAN, PPP dan Gerindra dengan 16 kursi.

Sedangkan paket calon nomor urut `2` atau Paket Sahabat mengusung Jonas Salean-Nikolaus Fransiskus dengan 24 kursi usungan Partai Golkar, PDIP, Hanura, NasDem, PKPI dan PKB. (Ant)

Masih ada lagi informasi Pilkada Serentak 2017 menarik untuk anda, klik disini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar