Sabtu, 27 Mei 2017

BPBD imbau masyarakat tak terpancing isu Kerinci meletus

Kamis, 12 Januari 2017 16:54

Gunung Kerinci. Gunung Kerinci.
Ayo berbagi!

Masyarakat yang ada di sekitar Gunung Kerinci diharapkan tenang dan tidak mudah terpancing isu-isu letusan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pengamatan Gunung Kerinci selalu berkoordinasi dengan BNPB, Pemerintah Provinsi Jambi, tentang aktivitas gunung api tertinggi di Indonesia itu.

Kepala Kesiap Siagaan Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi Dalmanto Kamis (12/01) mengatakan, masyarakat Kerinci diharapkan selalu mengikuti arahan petugas Pos Pengamatan gunung, Pemkab setempat dan BPBD.

Menurut dalmanto apabila tiba-tiba terjadi letusanpun masyarakat kerinci tak perlu Kwatir Karena berdasarkan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Letusan gunung kerinci radius 8 Kilo Meter sementara pemungkiman penduduk berada diradius 10 kilometer dari Kawah gunung Kerinci.

Lanjut Dalmanto, pihaknya juga minta masyarakat di sekitar Gunung Kerinci dan pengunjung/wisatawan untuk tidak mendekati kawah dalam radius tiga kilometer mengingat masih bisa terjadi letusan serta terdapat gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan.

"Apabila tiba-tiba meletus tak sampai pemungkiman penduduk, tetapi yang perlu dikwatirkan warga yang di kaki gunung  sebab di kakingunung inikan kebun milik warga".tutur dalmanto kepada Kontributor Elshinta, Aldi Saputra.

Status gunung Kerinci sampai saat ini masih berada pada waspada level II. Gunung Kerinci dengan ketinggian mencapai 3.805 Meter di atas permukaan laut (MDPL) itu ditetapkan waspada sejak 2007. Gunung Api yang dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) itu berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 kilometer sebelah selatan Kota Padang.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar