Rabu, 29 Maret 2017

Bappenas gandeng Australia adakan seminar pemimpin kreatif

Kamis, 12 Januari 2017 19:13

Foto: Reporter Elshinta.com, Doddy Handoko. Foto: Reporter Elshinta.com, Doddy Handoko.
Ayo berbagi!

Kementerian PPN/Bappenas dengan dukungan Kedutaan Australia melalui Knowledge Sector Initiative (KSI) menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “Pembangunan Inovatif, Pemimpin Kreatif, dan Daerah Kompetitif”.

“Saya berharap forum ini juga dapat menghasilkan masukan strategis dalam penyusunan kebijakan inovasi daerah bersifat holistik-tematik, integratif dan spasial, terutama untuk diintegrasikan dalam dokumen perencanaan dan penganggaran nasional serta daerah mengingat integrasi inovasi ke dalam dokumen perencanaan dan penganggaran penting untuk menjamin keberlanjutan inovasi daerah,” ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang di Bapenas, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, dalam rilis tertulis (11/1), seperti dilaporkan Reporter Elshinta, Doddy Handoko.

Bambang menyatakan penyelenggaraan Seminar Nasional Inovasi Daerah tersebut dapat mencapai setidaknya dua tujuan sekaligus. Pertama, forum ini akan menjadi stimulus dalam pengintegrasian kebijakan inovasi daerah di tataran Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah bersama aktor-aktor pembangunan lainnya.

Sinergi dan harmonisasi kebijakan lintas pemangku kepentingan untuk mengembangkan inovasi daerah penting untuk mencapai output dan outcome pembangunan yang lebih optimal.

Kedua, menjadikan daerah-daerah yang melaksanakan smart practices sebagai teladan dan contoh sehingga pelaksanaan inovasi yang dinilai berhasil dapat diduplikasi dan diimplementasikan oleh daerah-daerah lainnya.

Seminar nasional yang diselenggarakan Kedeputian Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas ini bertujuan untuk menciptakan forum lintas pemangku kepentingan (stakeholders), untuk berbagi pengalaman mengenai praktik cerdas (smart practices) yang berhasil dilaksanakan oleh beberapa pemerintah daerah sebagai upaya mempercepat pembangunan yang berkesinambungan.

Hadir sebagai narasumber untuk menyajikan sejumlah praktik cerdas daerah adalah Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, serta Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Denny Juanda Puradimadja, yang dianggap telah berhasil menerapkan inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik.

Selain itu, Komisioner Ombudsman RI juga hadir untuk memberikan perspektif pelayanan publik terkait keberhasilan pelaksanaan inovasi daerah.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar