Sabtu, 18 November 2017

Pemprov DKI berencana tanam 18.000 pohon cabai

Jumat, 13 Januari 2017 15:35

Ilustrasi. Foto: Istimewa Ilustrasi. Foto: Istimewa
Ayo berbagi!

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menanam sebanyak 18.000 bibit pohon cabai di wilayah Kabupaten Ciangir, Tangerang Selatan.

"Penanaman pohon-pohon cabai itu dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi harga cabai yang naik turun, sekaligus menambah pasokan cabai di ibu kota," kata Kepala Biro Perekonomian DKI Sri Haryati di Jakarta, Jumat (13/1).

Menurut dia, penanaman pohon-pohon cabai tersebut akan dilakukan di lahan seluas satu hektare oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta dalam waktu dekat.

"Lahan yang akan digunakan untuk penanaman itu, yakni seluas 1 hektare. Saat ini, Dinas KPKP DKI masih dalam tahap pembibitan. Nantinya, cabai-cabai itu akan ditanam di dalam polybag," ujar Sri.

Dia menuturkan lahan yang digunakan itu merupakan salah satu aset milik Pemprov DKI Jakarta. Rencananya, di lahan tersebut akan dibangun panti jompo. Namun sebelumnya, lahan itu akan dimanfaatkan lebih dulu untuk pertanian.

"Apalagi, pasokan cabai ke Jakarta sering kali berkurang, sehingga berdampak terhadap kenaikan harga. Makanya, kami manfaatkan dulu lahan itu untuk menanam cabai. Kalau berhasil, lumayan untuk menambah pasokan," tutur Sri.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan saat ini pihaknya juga tengah mengembangkan program penanaman cabai di ibukota. Didalam program tersebut, setiap satu keluarga akan diberikan empat batang cabai untuk ditanam dan dirawat masing-masing.

"Satu batang pohon cabai bisa menghasilkan sekitar 600 sampai 800 ons cabai. Program itu sudah cukup berhasil di wilayah Jakarta Pusat. Kami kembangkan terus di wilayah-wilayah lainnya," ungkap Sri. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MuI

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar