Minggu, 28 Mei 2017

DPR minta pabrik PT Semen Indonesia di Rembang tetap berjalan

Jumat, 13 Januari 2017 17:49

Ayo berbagi!

Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan pembangunan pabrik PT. Semen Indonesia (Persero) di Rembang, Jawa Tengah agar tetap berjalan. Pasalnya, kehadiran pabrik semen tersebut diyakini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan warga sekitarnya.

“Kehadiran pabrik semen diyakini sangat bermanfaat bagi kesejahteraan warga sekitarnya, maka pabrik semen itu supaya tetap berjalan, masyarakat di sana tidak rugi,” kata Novanto dalam rilis tertulis Jumat (13/1).

Kemarin Setya menerima perwakilan warga lima desa yang berada di sekitar pabrik PT. Semen Indonesia Rembang yang menyampaikan aspirasi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Dalam pertemuan yang didampingi Anggota Komisi VI DPR RI yaitu Lili Asdjudiredja, Bowo Sidik Pangarso, Endang Sri Kanti dan Iskandar Dzulkarnain Syaichu tersebut, ia menyatakan pembangunan pabrik semen tersebut merupakan salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan produksi yang merupakan salah satu kompenen pembangunan fisik di republik ini.

“Dengan semakin besar jumlah produksi diharapkan harga semen semakin murah bagi rakyat. Baik bagi pemerintah maupun masyarakat supaya ini bisa memberi manfaat bagi pembanguan, dan harga di pasar menjadi lebih murah,” harapnya.

Terhadap persoalan Amdal yang masih diperdebatkan, ia berharap ada jalan keluar yang tidak mengganggu kepentingan semua pihak terutama masyarakat sekitar. Sebab, jika pembangunan terhenti tentu rakyat yang telah merasakan manfaat kehadiran pabrik tersebut akan terganggu. “Kita akan sarankan gubernurnya mencari jalan keluar. Aturan hukum tetap berjalan dan produksi tetap juga bisa berjalan,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Apalagi, sambung Novanto, Komisi VI DPR RI sudah melakukan kunjungan kerja ke lokasi pabrik semen tersebut. “Yang penting sudah ada kunjungan spesifik komisi VI ke pabrik Semen Indonesia, evaluasinya juga sudah ada. Kalau saya baca ini produksinya 3 juta ton per tahun. Ini berguna untuk memenuhi produksi di Pulau Jawa,” pungkasnya.

“Kita akan perjuangkan supaya pabrik ini bisa berjalan, proses tetap berjalan,” tutup Novanto.

Sebelumnya dalam kesempatan yang sama salah satu perwakilan warga, Sakir, menyatakan bahwa ia bersama perwakilan warga lainnya sengaja datang ke DPR membawa aspirasi dari warga yang mayoritas mendukung berdirinya PT. Semen Indonesia yang berada di Rembang, Jawa Tengah.

“Mohon aspirasi diteruskan kepada pemerintah dan mohon bantuannya agar pabrik semen Indonesia tetap berdiri di Rembang. Karena sudah banyak manfaat kesejahteraan yang dirasakan keberadaannya oleh warga sekitar pabrik Rembang,” ujarnya..

Ia beralasan, apabila pabrik betul-betul berlanjut di Rembang, maka kehidupan warga Rembang akan maju dan sejahtera. (Dody/SiK)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar