Minggu, 28 Mei 2017

Saat Wapres AS Joe Biden berlinang air mata

Jumat, 13 Januari 2017 20:12

Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Ayo berbagi!

Presiden Obama memberi kejutan pada Wakil Presiden Joseph R biden Junior dengan menganugerahinya medali kehormatan Presidential Medal of Freedom dan menyebut Biden sebagai "saudaraku" dalam sebuah perpisahan yang menyedihkan di Ruang Timur  Gedung Putih, New York Times.

Pura-pura memanggil Biden dan istrinya Jill ke Gedung Putih untuk perpisahan pribadi, Obama justru membawanya ke sebuah ruangan yang penuh dengan teman, keluarga dan rekan kerja untuk mengganjarnya dengan medali kehormatan, bintang jasa tertinggi negara Amerika Serikat.

Untuk pertama kalinya Obama menganugerahkan medali itu dengan istimewa, Obama menambahkan rasa hormat yang mendalam sama seperti presiden sebelumnya ketika memberikannya pada Paus John Paul II dan Colin L Powell, mantan menteri luar negeri.

"Joe Biden adalah orang yang benar-benar penyayang, memberi jasa tanpa pamrih dan hidup dengan sepenuhnya," kata Obama saat upacara penganugerahan, seketika Biden menyeka air matanya dan menepuk hidungnya dengan sapu tangan.

Sesaat kemudian, saat Presiden memanggil ajudan militer untuk membacakan proklamasi, Biden tampak luluh lantak dan memalingkan punggung dari para audiens untuk menenangkan diri. Saat Obama mengalungkan medali ke lehernya, wakil presiden AS itu tak kusasa menahan air mata.

"Ricchetti, kau dipecat," kata Biden berkelakar pada kepala staff-nya, Steve Ricchetti. "Aku benar-benar tak punya firasat soal ini."

Upacara itu merupakan sebuah penutup emosional atas rekanan yang dimulai tahun 2008 saat Obama meminta mantan pesaingnya dalam kampanye presiden itu menjadi wapres. Keduanya lalu menjadi sangat dekat selama delapan tahun di Gedung Putih. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MuI

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar