Kamis, 19 Januari 2017

Angkat besi Tiongkok terancam hukuman setelah medali tiga mereka dilucuti

Jumat, 13 Januari 2017 20:22

Ilustrasi. Foto: Istimewa Ilustrasi. Foto: Istimewa
Ayo berbagi!

Tiongkok terancam hukuman mengikuti kompetisi internasional angkat besi selama satu tahun setelah medali emas Olimpiade 2008 yang diperoleh tiga atlet mereka dilucuti pada Kamis waktu setempat, menyusul tes ulang sampel dari Olimpiade Beijing.

Komisi Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan telah mendiskualifikasi atlet angkat besi peraih medali emas olimpiade Beijing yaitu Cao Lei Cao Lei (75kg), Chen Xiexia (48 kg) dan Liu Chunhong (69kg) setelah mereka positif doping.

Sementara itu atlet angkat besi dari Taiwan, Rusia dan Kazakhstan bisa saja mendapatkan medali emas yang dilucuti itu, namun itu belum pasti jika mereka juga gagal dalam analisa ulang tes doping.

IOC telah membatalkan perolehan medali lebih dari lima atlet yang didapat di olimpiade Beijing dan London 2012, termasuk Nadzeya Ostapchuk dari Belarus yang positif doping anabolic steroids.

Federasi Angkat besi Internasional tahun lalu mengatakan bahwa negara-negara yang tiga atau lebih atletnya gagal tes doping di tes ulang olimpiade Beijing dan London akan dihukum larangan ikut kompetisi internasional selama satu tahun.

Tes ulang tersebut diberlakukan juga buat atlet angkat besi, atletik, balap sepeda, renang dan gulat, dan selama ini atlet Rusia yang menjadi terbanyak pemakai doping. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MuI

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar