Jumat, 24 November 2017

Ratusan warga Kudus mengungsi akibat banjir

Minggu, 12 Februari 2017 20:27

Foto : Sutini. Foto : Sutini.
Ayo berbagi!

Banjir yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah sejak Rabu (8/2) lalu menyebabkan ratusan orang mengungsi. Dimana ada 2 lokasi pengungsian yang sudah ditempati ratusan warga yakni di Balai Desa Jati Wetan Kecamatan Jati dan di Balai Desa Karang Rowo Kecamatan Undaan. Dengan rincian pengungsi di Balai Desa Jati Wetan sebanyak 212 jiwa atau 70 KK sedangkan di Balai Desa Karang Rowo ada 206 jiwa atau 65 KK. Pengungsi tersebut didominasi anak-anak dan lansia.

Kepala Desa Jati Wetan, Suyitno seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini mengatakan dari 805 KK atau 3220 jiwa hanya sebagian kecil yang bersedia mengungsi karena berbagai alasan seperti menjaga harta benda maupun jauh dari lokasi kerja. Pihak desa telah menyiapkan dapur umum dan posko kesehatan di lokasi pengungsian sehingga kondisi kesehatan para pengungsi terpantau demikian juga ketersediaan makanan mencukupi.

Dikatakan Yitno, di desanya ada 2 sekolah yang terendam yakni SD Jati Wetan 3 dan Madrasah Ibtidaiyah. Sehingga para siswanya akan dititipkan di SD Jati Wetan I dan SD Jati Wetan IV.

Senada diungkapkan Kades Karang Rowo, Heri Darwanto, di desanya terdapat 206 pengungsi dari dukuh krajan dimana mereka ditampung di balai desa sebab akses masuk kerumah sudah sulit dilakukan karena air banjir semakin meninggi.

Sementara itu, Bupati Kudus Musthofa yang didampingi kepala OPD terkait hari ini mendatangi lokasi pengungsian untuk mendengar keluh kesah para pengungsi baik kondisi kesehatan, makanan maupun fasilitas yang ada.

Bupati memerintahkan kepada OPD terkait untuk membantu para siswa bersekolah dengan menyediakan angkutan antar jemput selama dipengungsian termasuk juga menyiapkan sekolah darurat yang akan dititipi para siswa korban banjir.

Bupati bersama rombongan juga menyempatkan diri mengecek jalur utama Kudus ke kabupaten Grobogan tepatnya di Desa Jetis Kapuan yang terendam banjir serta sawah-sawah dengan padi siap panen yang juga terendam banjir.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar