Rabu, 26 April 2017

Banyuputih Kidul masih terendam banjir air hujan

Senin, 13 Februari 2017 14:36

Foto: Effendi Murdiono Foto: Effendi Murdiono
Ayo berbagi!

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Lumajang, Jawa Timur kemarin dari intensitas sedang hingga lebat berdampak merendam pemukiman warga di Dusun Krajan I Desa Banyuputih Kidul, Kecamatan Jatiroto.

Luapan air ke rumah warga dampak dari Dam Giling atau Buk Giling masyarakat menyebutnya tidak bisa menampung dari hilir dengan kenaikan volume air hujan.

Komandan Koramil 12 Jatiroto, Kapten Sukadi kepada Kontributor Elshinta, Effendi Murdiono, Senin (13/2), pihaknya meminta masyarakat terdampak untuk tenang karena petugas dari BPBD yang dikerahkan bersama anggota dari posko bencana banjir dan longsor beserta aparat dari Muspika Jatiroto sedang melakukan penanganan darurat.

Warga terdampak dan masyarakat Jatiroto pada umumnya untuk selalu meningkatkan kesiagaan dengan kondisi hujan akhir-akhir ini ekstrim yang berpeluang bencana.

Luapan air yang menggenang rumah warga juga berdampak puluhan Ha tanaman padi umur sekitar satu setengah bulan juga terendam dan peluang menyebabkan gagal panen.

Untuk antisipasi warga terdampak lebih parah, pihaknya akan koordinasi terkait pendirian posko bencana yang disetujui di kantor desa setempat.

Pihaknya memilih kantor desa memudahkan warga evakuasi dari lokasi banjir ke tempat yang lebih aman.

Siang ini hujan sudah mengguyur lajang dengan intensitas sedang, warga yang terkena bencana ini menunggu perintah lanjutan untuk mengungsi ke tempat yang disediakan.

Potensi jika hujan turun deras dalam waktu lama terus mengguyur Lumajang, berpeluang air yang meluap ke lokasi Pondok Pesantren Miftahul Ulum dengan santriwan dan santriwati sekitar 6.000 anak.

Jajaran Muspika terus memantau karena ditakutkan pulang banjir yang menggenangi rumah warga merembet ke lokasi pesantren.

Penulis: Angga Kusuma.

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-ank

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar