Jumat, 24 Februari 2017

Kasad terapkan SP3T di Langkat

Senin, 13 Februari 2017 18:27

Foto: M. Salim. Foto: M. Salim.
Ayo berbagi!

Bupati Langkat Sumatera Utara, Ngogesa Sitepu menyambut baik atas peresmian Pembangunan Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu (SP3T) di Kabupaten Langkat yang berlangsung di Desa Namukur Utara Kecamatan Sei Bingai, Jum’at (10/2) lalu.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi program TNI dalam bidang pertanian, ini suatu hal yang luar biasa, sehingga kita tidak lagi import beras dari luar.

Ditambahkannya, mustahil pertanian di Indonesia akan maju jika tidak menggunakan teknologi sebagai perkembangan pertanian modern, oleh karenannya, pembangunan SP3T merupakan awal yang baik bagi kemajuan Pertanian di Indonesia khususnya di Kabupaten Langkat.

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono yang mengatakan bahwa untuk menyelamatkan para petani di Indonesia, khususnya di daerah lumbung pertanian seperti Kabupaten Langkat, TNI bergerak untuk mempelopori, memfasilitasi, memotivasi dan membuat suatu uji coba SP3T dengan harapan petani dapat menggarap sawahnya dengan maksimal.

“Dengan SP3T, para petani tidak perlu khawatir cuaca hujan saat panen, saat ini kita sudah mempunyai alat pengering padi” ujarnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M. Salim.

Menteri Pertanian melalui Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Ali Jamil Harahap mengatakan, Sebelum ada bantuan Alat Instruksi Pertanian (Alsintan) pendapatan hasil panen petani masih rendah, namun setelah didistribusikannya Alsintan yang dikoordinir oleh Kodim, penghasilan petani menjadi lebih baik.

“Apresiasi saya kepada pihak TNI, kepedulian dalam mendampingi petani tentang penggunaan alat, pupuk, benih dan irigasi telah membuat hasil pertanian menjadi maksimal dan Kabupaten Langkat sebagai salah satu sentral pertanian di Indonesia akan semakin meningkat produksinya di waktu yang akan datang” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara T. Erry Nuradi menyampaikan bahwa sebagai Kabupaten yang memberikan kontribusi besar bagi Pertanian RI, para petani Langkat telah berjuang maksimal untuk menjadi pahlawan bagi Indonesia.

“Kehadiran SP3T akan semakin mendukung produksi pertanian di Sumut khususnya Langkat, sehingga para petani di Langkat dapat semakin sejahtera dan angka kemiskinan akan semakin berkurang” katanya.

Sebagaimana diketahui, disamping Kecamatan Sei Bingei, kegiatan juga berlangsung di dua Kecamatan lainnya di Kabupaten Langkat, yakni Kecamatan Binjai dan Kecamatan Sirapit.

Untuk Indonesia, Kabupaten Langkat adalah Kabupaten ke-2 setelah Kabupaten Jombang yang terpilih sebagai contoh program SP3T dan dalam kegiatan tersebut, berbagai bantuan juga diserahkan kepada petani di Kabupaten Langkat, diantaranya adalah penyerahan bibit cabai, traktor roda empat dan 2 alat tanam padi.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar