Selasa, 21 Februari 2017

Pilkada serentak, Kapolri: Jangan halalkan segala cara untuk menang

Selasa, 14 Februari 2017 07:55

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Foto: NTMC Polri Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. Foto: NTMC Polri
Ayo berbagi!

Panitia Pengawas Pemilihan Kota Administrasi Jakarta Barat berhasil mengamankan dua truk brosur yang berisi kampanye hitam terhadap pasangan calon Gubernur-calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, kasus itu tengah ditangani Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).

Gakumdu dibentuk di tiap daerah untuk mengawasi kecurangan proses pilkada. Gakumdu terdiri dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Kepolisian, dan Kejaksaan.

“Tapi saya selaku Kapolri mengimbau, tolonglah jangan halalkan segala macam cara untuk menang. Ini demokrasi kita. Biarkan rakyat memilih sesuai pilihan hati masing-masing,” kata Kapolri di Kantor Menko Polhukam, Jakarta, Senin (13/2).

Terkait temuan itu, Kapolri mengatakan, polisi tidak bisa menindak langsung kasus temuan selebaran kampanye hitam sebelum ada permintaan dari Gakumdu.

“Kecuali, kalau seandainya sudah menyangkut Undang Undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik). Menyebarkan berita bohong, kemudian penghinaan, pencemaran nama baik. Itu bisa dilakukan langsung polisi,” jelasnya, seperti diinformasikan melalui laman resmi NTMC Polri.

Lebih lanjut, Kapolri mengimbau agar masyarakat tidak mudah terprovokasi. Ia meminta masyarakat mengecek semua informasi yang diterima, terutama dari media sosial dan selebaran gelap, agar tidak terpancing kabar menyesatkan, alias hoax.

“Masyarakat jangan mudah untuk mencerna apa yang ada di media sosial. Tolong lihat betul, klarifikasi, tabayun dari sumber-sumber lain, benar atau tidak,” tegasnya.

Selain itu, ia meminta pasangan calon dan tim suksesnya untuk ikut menjaga situasi pilkada damai. Karena, pilkada bisa dimanfaatkan oleh kelompok tertentu untuk kepentingan lain.

“Bisa saja, pihak ketiga ingin berusaha memancing di air keruh. Membuat situasi semakin kisruh. Ini satu tanggung jawab moral,” tandas Kapolri.

Masih ada lagi informasi Pilkada Serentak 2017 menarik untuk anda, klik disini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar