Selasa, 30 Mei 2017

Tips Beli Rumah Murah di Pameran Properti

Selasa, 14 Februari 2017 18:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/tips-beli-rumah-murah-di-pameran-properti courtesy https://www.cermati.com/artikel/tips-beli-rumah-murah-di-pameran-properti
Ayo berbagi!

Kini rumah sudah masuk ranah kebutuhan setiap orang. Keberadaannya selalu dicari-cari, terutama oleh pasangan suami istri yang baru saja membina rumah tangga. Ya, properti macam rumah masuk dalam investasi jangka panjang yang nilainya cenderung naik tiap tahunnya. Menunda membelinya untuk beberapa lama semisal satu tahun saja sudah berbeda harganya.

Banyak sebab kenapa harga rumah naik setiap tahunnya. Mulai dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang naik, inflasi, hingga jumlah permintaan. Sayangnya, kenaikan rata-rata harga rumah tidak sebanding dengan kenaikan rata-rata pendapatan. Kenaikan rata-rata harga rumah jauh lebih tinggi dibandingkan kenaikan rata-rata pendapatan. Situasi yang ironis memang. Namun, jangan berkecil hati melihat realita tersebut. Masih ada cara untuk memiliki rumah dengan harga yang terjangkau.

Bicara soal rumah, sudahkah Anda mengunjungi pameran properti tahun ini? Ya, Bank Tabungan Negara (BTN) mengadakan acara pameran properti bertajuk Indonesia Property Expo (IPEX) 2017, berlangsung dari 11-19 Februari 2017 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dalam acara pameran properti tersebut, BTN menghadirkan 700 proyek properti. Bagi Anda yang sedang berencana membeli rumah dan mencari rumah murah, acara pameran properti memberikan kesempatan baik dan menguntungkan. Yuk, simak tips cermat membeli rumah murah dari pameran properti berikut ini.

Baca Juga: Beli Rumah dengan KPR, Ini Langkah-Langkahnya

1. Cari Rumah Subsidi Terlebih Dahulu

Rumah Subsidi Jabodetabek

Tipe Rumah Subsidi yang Dibiayai Pemerintah via mitraindo.com

 

Kenapa rumah subsidi? Sebab harganya lebih murah dari harga rumah di pasaran. Mengapa bisa lebih murah? Karena rumah subsidi merupakan program penyediaan rumah yang sebagian besar dananya ditanggung Pemerintah. Untuk yang satu ini, Anda harus segera menemukannya. Keberadaan rumah subsidi terbatas, tetapi permintaannya banyak.

Mengenai harga, Anda akan menemukan pengembang properti (developer) di Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 yang menjual rumah subsidi dimulai dengan harga Rp123 juta. Bahkan, ada yang menawarkan cicilan mulai dari Rp1,9 juta per bulan untuk rumah tipe 30/60 (30 m² untuk luas bangunan dan 60 m² untuk luas tanah) dan 30/70 (30 m² untuk luas bangunan dan 70 m² untuk luas tanah).

Dapat dibayangkan betapa banyaknya pengunjung yang antusias dengan penawaran tersebut. Karena itu, cepat-cepatlah ambil keputusan. Minimal Anda memberikan booking fee sebagai awalan. Sebab menunda pembelian saat itu juga akan menghilangkan peluang Anda untuk memilikinya.

2. Cari Penawaran Bunga Rendah

KPR Bunga Rendah

Bunga Rendah, Cicilan KPR pun Ringan via philpropertyexpert.com

 

Di Indonesia Property Expo (IPEX) 2017, BTN memasang bunga KPR mulai dari 4,67% dan uang muka/down payment (DP) sebesar 5%. Bunga tersebut berlaku selama satu tahun cicilan KPR. Tentunya bunga 4,67% lebih rendah dibandingkan bunga KPR di pasaran. Sementara DP-nya lebih rendah dari standar DP yang berlaku, yaitu 10-15%.

Bunga yang rendah tersebut menjadikan cicilan KPR yang Anda ambil lebih hemat dibandingkan jika Anda mengambil KPR dengan bunga yang berlaku di pasaran.

Perlu diketahui bunga KPR berubah-ubah tergantung pada Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) yang berlaku. Penentuan SBDK dihitung menurut penilaian bank terhadap risiko-risiko debitur. Namun, bunga KPR belum tentu sama dengan SBDK. Sebelum mengambil KPR rumah, ada baiknya Anda mencari-cari terlebih dahulu bunga KPR setiap bank yang ada.

Dari data BI 2016, rata-rata Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) berada pada angka sekitar 10%. Namun, bukan berarti tidak ada yang menawarkan lebih rendah. Di Cermati.com Anda bisa menemukan bunga yang dimulai dari 8,5-8,99%. Perhitungannya dijabarkan secara lengkap. Belum lagi Anda akan dimudahkan dalam menghitung KPR dengan kalkulator KPR yang disediakan Cermati.com. Penasaran? Cobalah sekarang.

3. Cari Diskon Properti

Diskon KPR Rumah

Cari Developer yang Menawarkan Diskon via strategicjuju.com

 

Sangat sedikit pengembang properti yang memberikan diskon. Cara paling mudah untuk menikmati banyaknya diskon pembelian rumah adalah dengan mendatangi pameran properti. Di Indonesia Property Expo (IPEX) 2017, bagi yang mengajukan KPR berhak mendapatkan diskon sampai 50% untuk biaya administrasi dan provisi. Ditambah diskon hingga 20% untuk premi asuransi jiwa.

Di samping itu, ada diskon lainnya yang terbilang unik. Menggandeng GO-BOX sebagai mitra kerja sama, BTN menjanjikan diskon 50% biaya pindahan bagi yang membeli rumah di Indonesia Property Expo (IPEX) 2017. Anda pun yang membeli rumah saat itu juga tidak perlu repot lagi dalam mencari kendaraan untuk pindahan.

4. Pertimbangkan Lokasi dan Akses Transportasi

Transportasi Murah

Cari Lokasi Rumah yang Akses Transportasinya Mudah via bentaran.com

 

Suatu kebetulan yang menguntungkan apabila rumah yang dipasarkan di Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 dekat dengan tempat kerja Anda. Lokasi dan akses transportasi menjadi hal penting untuk Anda dalam membeli rumah hunian.

Jangan sampai perburuan Anda terhadap rumah murah tidak ada untungnya sama sekali. Sebab ongkos transportasi jadi bertambah karena lokasi rumah yang dibeli walaupun murah jauh dari tempat kerja, dan waktu terbuang percuma karena jaraknya yang jauh ditambah aksesnya melewati jalur-jalur rawan macet.

Untuk itu, cermati lokasi rumah yang ingin Anda beli. Banyak lokasi yang rata-rata masih dalam lingkup Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang menjadi lokasi rumah yang dijual dalam Indonesia Property Expo (IPEX) 2017. Tanyakan pada orang marketing, jarak rumah dengan akses transportasi seperti jalan raya dan stasiun kereta agar Anda mendapatkan hunian nyaman dengan lokasi dan akses transportasi yang baik.   

5. Masuk dalam Daftar Pembeli Pertama

Keuntungan KPR

Banyak Keuntungan dengan Menjadi Pembeli Pertama via bmaservice.eu

 

Diskon, uang muka atau down payment (DP) yang kecil, atau hadiah semisal sepeda motor atau air conditioner (AC) menjadi hak milik asalkan Anda masuk dalam daftar pembeli pertama. Acuan pembeli pertama tidaklah sama untuk tiap-tiap developer perumahan.

Ada yang mensyarakatkan 5 (lima) pembeli pertama, ada pula yang mensyarakatkan 10 (sepuluh). Langsung saja daftarkan diri sebagai pembeli pertama dan berikan booking fee begitu Anda dan pasangan yakin dengan rumah yang dipilih dan developer-nya.

Untuk proses pengajuan KPR di Bank BTN, syarat utamanya bagi yang mengajukan mesti berusia maksimal 45 tahun. Lalu persiapkan kartu identitas (KTP) dan keterangan sumber pendapatan. Ditambah dengan melengkapi syarat-syarat yang diajukan developer perumahan.

Ya, sekiranya dianggap merepotkan, ada alternatif yang bisa membantu Anda dalam melakukan pengajuan. Cermati.com menyediakan fasilitas bagi Anda dalam mengajukan KPR ke Bank BTN tanpa ribet. Lengkap dengan simulasinya dan syarat-syaratnya yang tercantum dengan jelas. Cocok bagi Anda yang suka menggunakan smartphone/gadget untuk menunjang aktivitas setiap harinya.

Baca Juga: Cara Jitu Siapkan Uang Muka KPR dengan Mudah

Pertimbangkan dengan Matang

Pelaksanaan Indonesia Property Expo (IPEX) 2017 berlangsung singkat. Hanya sembilan hari dan selama itu tidak cukup waktu bagi Anda untuk memikirkan lama-lama apakah ambil KPR saat itu atau nanti. Ingat, selain Anda, banyak pencari properti yang mempunyai tujuan yang sama, yaitu memiliki rumah murah.

Cepat atau lambatnya Anda untuk mengambil keputusan menjadi penentu apakah rumah yang diincar menjadi milik Anda atau orang lain. Memberikan booking fee jadi cara pasti. Namun, merugikan jika nanti Anda tidak jadi ambil atau terkendala dalam proses KPR. Karena itu, pertimbangkan dengan matang mulai dari bujet yang dipunyai dan kemampuan bayar yang dapat dilihat dari penghasilan.

Baca Juga: Lima Trik Memilih KPR yang Cocok untuk Anda

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar