Selasa, 12 Desember 2017

KPUD DKI siapkan pendamping bagi penyandang disabilitas

Selasa, 14 Februari 2017 20:38

Foto :  Doddy Handoko. Foto : Doddy Handoko.
Ayo berbagi!

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Sumarno mengatakan bagi mereka yang mengalami disabilitas dan memerlukan pendamping, KPU DKI sudah menyiapkan petugas. Namun ia menjelaskan petugas akan membantu apabila pihak keluarga memang menyatakan tidak bisa membantu pada saat hari pemilihan.

"Jadi nanti kalau misalnya ada penyandang tunanetra memerlukan pendampingan di dalam memberikan suara. Yang utama itu sebenarnya anggota keluarganya, tapi kalau memang anggota keluarganya tidak ada, nanti petugas dari KPU sudah siap melakukan pendampingan," ujarnya ketika dihubungi lewat telepon, Selasa (14/2).

"Dia nanti akan menandatangani formulir C3 sebagai pernyataan pendamping yang menjamin bahwa mereka merahasiakan pilihan dari calon yang mereka dampingi," tambahnya.

Sehubungan dengan itu,  seluruh TPS diinstruksikan untuk dibuat accessable bagi penyandang disabilitas. Ia mencontohkan seperti pengguna kursi roda dipastikan bisa masuk ke dalam TPS.  Maka diminta supaya  pintu masuk  jangan sempit atau juga pintunya bertangga-tangga sehingga menyebabkan para penyandang disabilitas seperti pengguna kursi roda terhalang untuk bisa menggunakan hak pilihnya.

"Ini semua sudah disampaikan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan semoga di lapangan seluruh TPS kita accessable," paparnya.(Dody/SiK)

Masih ada lagi informasi Pilkada Serentak 2017 menarik untuk anda, klik disini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar