Rabu, 29 Maret 2017

Tiongkok Menentang Keras Upaya Jepang Tarik Dukungan AS Atas Kepemilikan Pulau Diaoyu

Selasa, 14 Februari 2017 22:30

Ayo berbagi!

Petinggi negara Jepang dan Amerika Serikat belum lama ini mengumumkan Pernyataan Bersama seputar masalah Pulau Diaoyu dan Laut Tiongkok Selatan. Berkenaan dengan hal ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang kemarin (13/2) mengatakan, Jepang dan AS hendaknya berkata dan bertindak secara hati-hati, dan menghentikan segala pernyataan keliru, supaya tidak merumitkan masalah terkait, yang dapat memberikan dampak negatif bagi perdamaian dan kestabilan regional.

Pernyataan Bersama tersebut mengklaim Pasal Kelima Perjanjian Keamanan AS-Jepang dapat diterapkan pada Pulau Diaoyu. Menanggapi hal ini, Geng Shuang menegaskan, Pulau Diaoyu serta pulau-pulau di sekitarnya adalah wilayah milik Tiongkok.

Geng Shuang menambahkan, segala yang dikatakan dan dilakukan pihak manapun tidak akan mengubah fakta bahwa Pulau Diaoyu merupakan milik Tiongkok, juga tidak akan menggoyahkan tekad Tiongkok dalam menjaga keutuhan kedaulatan dan wilayah negara. Tiongkok menentang keras upaya Jepang yang mencoba menarik dukungan AS terhadap kepemilikan wilayah yang ilegal atas nama Perjanjian Keamanan AS-Jepang.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar