Jumat, 22 September 2017

Lewati hutan dan bukit, ribuan warga Baduy berduyun-duyun padati TPS

Rabu, 15 Februari 2017 09:10

Ilustrasi. Foto : Istimewa Ilustrasi. Foto : Istimewa
Ayo berbagi!

Ribuan warga Baduy di pedalaman Kabupaten Lebak, Banten, berduyun-duyun memadati tempat pemungutan suara (TPS) untuk menggunakan hak pilih pada pemilihan kepala daerah Banten yang dilaksanakan secara serentak, Rabu (15/2).

Berdasarkan pantauan, ribuan warga Baduy Dalam dan Baduy Luar itu mendatangi 12 TPS untuk memberikan hak suaranya pada Pilkada Banten 2017.

Masyarakat Baduy memadati TPS sejak pukul 07.30 WIB dan kini antre menunggu panggilan dari panitia pemungutan suara (PPS) untuk menggunakan hak pilih.

Namun, petugas PPS memberikan kesempatan kepada warga Baduy yang perempuan untuk lebih dahulu menggunakan hak suaranya di bilik yang telah disiapkan. 

Setelah warga perempuan selesai memberikan suara, dilanjutkan oleh laki-laki untuk mencoblos di TPS setempat. 

Masyarakat Baduy yang masuk dalam DPT berjumlah 82.000 jiwa dengan lokasi pemilihan di 12 TPS. 

Kondisi jarak antar TPS di kawasan permukiman Baduy cukup berjauhan dan melintasi hutan belukar dengan tofografi perbukitan.

Kendatipun demikian, animo masyarakat Baduy cukup antusias dengan mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilih Pilkada Banten.

"Warga datang ke TPS I Kaduketug sejak pagi dan mengantre untuk mencoblos hak pilihnya," kata Djaro Saija, pemuka adat Baduy yang juga Kepala Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. 

Selama ini, kata dia, pelaksanaan Pilkada Banten di kawasan Baduy berlangsung lancar, aman, tertib, dan kondusif.

Partisipasi masyarakat Baduy pada Pilkada cukup tinggi dan terbukti mereka rela meninggalkan pekerjaan hariannya, baik di kebun maupun ladang huma.

Saat ini, masyarakat Baduy menggunakan hak suara pada Pilkada untuk mendukung pemimpin baru yang mampu membangun kearah yang lebih baik.

Masyarakat Baduy berharap kepada gubernur terpilih dapat memperhatikan nasib warga Baduy dengan menyempitnya lahan kawasan Baduy akibat bertambahnya penduduk.

"Kami berharap Gubernur Banten terpilih bisa memperjuangkan perluasan permukiman Baduy dengan membeli tanah di luar tanah adat," katanya.

Sementara itu, Sri Astuti, Komisioner KPU Kabupaten Lebak menyebutkan, saat ini pelaksanaan Pilkada di kawasan masyarakat Baduy berlangsung aman, lancar dan tertib.

Mereka cukup tinggi untuk partisipasi Pilkada Banten dengan mengantre untuk mencoblos di TPS-TPS.

"Kami yakin masyarakat Baduy tidak terjadi kesalahan untuk mencoblos dua calon kepala daerah Banten karena sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi tata cara pencoblosan dengan baik dan benar," katanya. (Ant)

Masih ada lagi informasi Pilkada Serentak 2017 menarik untuk anda, klik disini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MuI

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar