Minggu, 19 November 2017

Ekspor-impor Tiongkok di Bulan Januari Tunjukkan Performa Baik

Rabu, 15 Februari 2017 23:00

Ayo berbagi!

Data perdagangan luar negeri Tiongkok selama bulan Januari cukup baik. Dihitung dengan mata uang RMB, baik volume total ekspor-impor maupun nilai ekspor dan impor merealisasi pertumbuhan dua digit. Dihitung dengan dolar AS, laju pertumbuhan ekspor beranjak dari angka minus, dan impor merealisasi pertumbuhan dua digit. Pejabat Kementerian Perdagangan Tiongkok Wang Dongtang menyatakan, ekspor dan impor Tiongkok pada Januari lalu melanjutkan momentum pertumbuhan stabil perdagangan luar negeri sejak tahun lalu.

Meski data ekspor dan impor Tiongkok pada Januari lalu cukup baik, namun Wang Dongtang menunjukkan, terdampak oleh sejumlah faktor seperti liburan Imlek, data ekspor dan impor pada bulan Januari tak dapat merepresentasi arah perkembangan keseluruhan tahun ini. Situasi perdagangan luar negeri tahun ini tetap cukup suram.

Khususnya faktor ketidak-pastian dan instabilitas meningkat secara nyata, maka kesulitan yang dihadapi tidaklah singkat. Dilihat secara global, rehabilitasi ekonomi dunia lemah, permintaan pasar internasional melesu, khususnya tren globalisasi kepentingan sangat nyata dan proteksionisme perdagangan semakin serius. Sedangkan dilihat dari dalam negeri, biaya faktor produksi termasuk upah tenaga kerja terus naik, keunggulan tradisional dalam perdagangan luar negeri Tiongkok terus melemah, industri dan pemesanan cepat bergeser ke luar. Akan tetapi, juga harus dilihat bahwa perkembangan perdagangan luar negeri Tiongkok tetap mempunyai banyak syarat menguntungkan dan situasi keseluruhan perkembangan perdagangan luar negeri belum berubah secara fundamental.

Menurut penjelasan, Kementerian Perdagangan pada tahap selanjutnya akan terus menjadikan tahun ini sebagai tahun pelaksanaan kebijakan, akan memastikan daftar kebijakan titik berat dengan lembaga terkait, membentuk iklim kondusif, meningkatkan fasilitasi perdagangan, menerapkan kebijakan impor secara aktif dan efektif, dan berupaya mendorong perkembangan stabil perdagangan luar negeri.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar