Rabu, 28 Juni 2017

Kemenhub-KAI tawarkan angkutan Motis lewat Bandung

Kamis, 16 Februari 2017 11:44

Foto sumber suara merdeka Foto sumber suara merdeka
Ayo berbagi!

Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menawarkan angkutan sepeda motor gratis melalui Bandung saat arus mudik dan balik Lebaran 2017, kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

"Pada masa arus mudik dan balik Lebaran 2017, jumlah KA Angkutan Motis yang disiapkan sama seperti tahun lalu, yakni tiga rangkaian. Dalam hal ini, satu rangkaian untuk lintas utara dan dua rangkaian untuk lintas selatan," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (16/2).

Akan tetapi khusus untuk dua KA Angkutan Motis Lintas Selatan, kata dia, ada perubahan rute layanan dan penambahan stasiun pemberhentian.

Ia mengatakan jika pada Lebaran 2016 rute seluruh KA Angkutan Motis Lintas Selatan melalui Purwokerto, pada Lebaran 2017 salah satu rangkaian KA Angkutan Motis Lintas Selatan akan melalui Bandung.

"Perubahan rute tersebut dilakukan untuk melayani masyarakat dari atau menuju wilayah Bandung dan sekitarnya yang akan menggunakan jasa KA Angkutan Motis untuk mengangkut sepeda motornya saat mudik lebaran," katanya.

Ia mengatakan KA Angkutan Motis Lintas Selatan I melayani rute Jakartagudang-Lemah Abang-Cikampek-Purwakarta-Cimahi-Kiaracondong-Cicalengka-Leles-Cipeundeuy-Tasikmalaya-Banjar-Sidareja-Maos-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo.

Sementara untuk rute KA Angkutan Motis Lintas Selatan II, kata dia, secara umum sama seperti Lebaran 2016 namun pada Lebaran 2017 diperpanjang hingga Blitar sedangkan sebelumnya berakhir di Kediri.

Dalam hal ini, lanjut dia, KA Angkutan Motis Lintas Selatan II melayani rute Jakartagudang-Lemah Abang-Cirebon Prujakan-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo-Lempuyangan-Klaten-Purwosari-Madiun-Kertosono-Kediri-Tulung Agung-Blitar.

"Dengan adanya perubahan dan perpanjangan rute tersebut, berarti ada penambahan jumlah stasiun pemberhentian sehingga dapat menjangkau masyarakat lebih luas," kata Ixfan.

Sementara untuk KA Angkutan Motis Lintas Utara, kata dia, melayani rute Jakartagudang-Lemah Abang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang Tawang-Ngrombo-Cepu-Bojonegoro-Babat-Surabaya Pasarturi.

Menurut dia, masa pengangkutan sepeda motor saat arus mudik dilaksanakan pada tanggal 18-23 Juni 2017, sedangkan untuk arus balik pada tanggal 29 Juni hingga 5 Juli 2017.

Ia mengatakan bagi masyarakat yang ingin mengikuti program tersebut dapat mendaftar secara daring (dalam jaringan/online) melalui laman http://mudikgratis.dephub.go.id atau stasiun-stasiun yang ditunjuk.

"Pendaftaran secara 'online' telah dibuka sejak tanggal 15 Februari, sedangkan pendaftaran di stasiun yang ditunjuk dibuka mulai hari ini (16/2)," katanya.

Ixfan mengatakan bagi calon peserta KA Angkutan Motis yang mendaftar pada tanggal 16 Februari hingga 16 April 2017 akan mendapat fasilitas pemesanan Tiket KA Ekonomi PSO (Public Servise Obligation) dan KA Ekonomi Non-PSO).

Sementara untuk masa pendaftaran 17 April hingga Juli 2017, tanpa difasilitasi pemesanan tiket KA penumpang, dan pada masa pendaftaran 16 Mei hingga 5 Juli 2017 atau pendaftaran langsung sepeda motor untuk "contra flow", tanpa difasilitasi pembelian tiket KA penumpang "Peserta angkutan motis yang mengirimkan satu unit sepeda motor, dapat membeli tiga tiket KA penumpang yang terdiri atas dua dewasa dan satu anak maksimal berusia 11 tahun atau dua dewasa dan dua anak maksimal berusia 3 tahun, sesuai dengan kartu keluarga, dan selama kuota tiket penumpang masih tersedia," katanya.

Ia mengatakan kereta penumpang untuk peserta angkutan motis terdiri atas KA Serayu Pagi, KA Serayu Malam, KA Brantas, KA Matarmaja, KA Kahuripan, KA Bengawan, KA Kertajaya, KA Kutojaya Utara, KA Kutojaya Selatan, KA Tawang Jaya, KA Kutojaya Utara Tambahan Lebaran, KA Kertajaya Tambahan Lebaran, dan KA Pasundan Tambahan Lebaran.

Menurut dia, syarat dan ketentuan peserta angkutan motis di antaranya satu pendaftar hanya dapat mendaftarkan satu unit sepeda motor dan harus memiliki SIM C.

"Syarat dan ketentuan lainnya dapat dibaca pada laman http://mudikgratis.dephub.go.id atau ditanyakan kepada petugas di stasiun-stasiun yang ditunjuk," katanya.

Ia mengatakan stasiun-stasiun yang ditunjuk sebagai tempat pendaftaran peserta angkutan motis, yakni Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok, Stasiun Bogor, Stasiun Lemah Abang, Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Purwakarta, dan Stasiun Kiaracondong. (Ant)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar