Selasa, 21 Februari 2017

BPBD Bojonegoro minta warga waspada banjir Bengawan Solo

Kamis, 16 Februari 2017 14:47

Foto: Ilustrasi elshinta.com Foto: Ilustrasi elshinta.com
Ayo berbagi!

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur meminta warga yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai atau DAS Bengawan Solo untuk waspada menyusul ketinggian muka air Bengawan Solo semakin meningkat dan statusnya siaga 1 banjir.

Kepada Kontributor Elshinta, Andik Setyobudi, Kamis (16/2), Sekretaris BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfa mengatakan, tinggi muka air Bengawan Solo terus naik karena adanya kiriman air dari wilayah Ngawi, Madiun dan juga Jawa Tengah ditambah hujan lokal beberapa terakhir. Siaga 1 banjir sendiri karena tinggi muka air Bengawan Solo saat ini sudah mencapai 13,40 fiskal, apalagi air sudah lebih dari 13 fiskal yang diukur melalui papan ukur Bengawan Solo di utara pasar Bojonegoro.

Sementara warga sepanjang Bengawan Solo seperti kecamatan/kota Dander, Trucuk, Kalitidu, Kapas, Balen, Kanor dan Baureno diminta mulai waspada untuk beberapa waktu mendatang.

Dijelaskan Nadif, tinggi muka air Bengawan Solo diprediksi akan terus naik hingga sore nanti, sementara untuk personel BPBD Bojonegoro juga mulai disiapkan. Selain itu peralatan sendiri seperti perahu karet, pelampung, tenda dan peralatan lainnya juga sudah standby di beberapa lokasi.

Lanjut Nadif, kecamatan dan desa yang dilewati Bengawan Solo juga sudah diberi informasi oleh pihak pemerintah kabupaten akan adanya ancaman banjir luapan Bengawan Solo yang akan terjadi beberapa waktu mendatang.

Untuk BPBD sendiri sudah menginstruksikan pada warga yang akan menyembarang Bengawan Solo dengan perahu untuk berhati-hati, karena saat ini arus banjir sangat kencang.

Ditambahkan Nadif, untuk pagi hari ini belum ada laporan dari desa-desa di sepanjang Bengawan Solo terkait rumah warga atau sawah yang terendam.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar