Senin, 27 Maret 2017

Pilkada serentak 2017

15 TPS di Teluk Naga, Tangerang terancam dilakukan PSU

Kamis, 16 Februari 2017 17:54

Foto: Ilustrasi Foto: Ilustrasi
Ayo berbagi!

Sebanyak 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten terancam dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) karena kotak suaranya telah dibuka tidak secara resmi.

Kontributor Elshinta, Mamo Erfanto, Kamis (16/2) melaporkan, kotak suara yang berisikan surat suara yang telah dicoblos dibuka oleh petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) tanpa adanya saksi dari pihak manapun sehingga dianggap rentan terjadinya kecurangan.

Menurut keterangan Komisioner KPU Banten, Saeful Bahri dari KPPS kemudian kotak suara ditransit ke kantor desa karena ada dokumen yang harus diambil dikotak, petugas PPS membuka kotak tanpa sepengetahuan berbagai pihak.

Lanjut Saeful mengatakan, informasi tersebut pembukaan kotak suara di Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, ia dapatkan dari penyampaian Ketua Bawaslu Banten saat acara talk show di stasiun tv nasional tadi pagi.

"Kalau tidak dipublikasi di tv nasional saya juga tidak akan merespon, karena ini bisa jadi informasi hiden. Informasi yang belum menjadi ranah publik, tapi karena Ketua Bawaslu sudah mempublikasi, ya KPU harus siap merespon, harus siap dengan langkah-langkah pelaksanaanya. Karena memang ada aturannya pemungutan suara itu", ujar Saeful.

Saeful menambahkan, informasi pembukaan kotak suara ini seharusnya masih sebatas informasi hiden ataupun belum menjadi konsumsi publik sebelum diperiksa secara rinci oleh petugas panwaslu, namun Ketua Bawaslu Banten sudah membeberkan hal tersebut di media publik atau disalah satu stasiun tv saat menggelar talk show.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar