Rabu, 29 Maret 2017

Malaysia kukuhkan kematian saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un

Kamis, 16 Februari 2017 19:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!
Kim Jong-Nam
Reuters
Kim Jong-nam diketahui tinggal di Makau, Cina dan Singapura belakangan ini.

Pria yang meninggal dunia setelah diduga diracun di Bandara Kuala Lumpur dikukuhkan sebagai Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Penegasan itu disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri Malaysia, Ahmad Zahid Hamidi, dalam jumpa pers di Putrajaya pada Kamis (16/02).

Dikatakannya jenazah Kim Jong-nam sudah diidentifikasi berdasarkan dokumen-dokumen yang tersedia namun masih ada prosedur-prosedur tertentu yang harus dilakukan.

"Dari paspor yang kita cocokkan dengan dokumen yang dikeluarkan oleh Kedutaan Korea Utara dan kartu identitas yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Korea Utara," jelas wakil perdana menteri yang merangkap sebagai menteri dalam negeri.

Rekaman CCTV
Star TV/Reuters
Rekaman kamera pengaman menunjukkan seorang perempuan di bandara yang kemudian ditangkap oleh Kepolisian Diraja Malaysia.

Ditambahkan oleh Ahmad Zahid Hamidi bahwa kepolisian Malaysia akan memberikan keterangan lebih lanjut soal hasil pemeriksaan yang mereka lakukan.

Kim diyakini diserang ketika berada di terminal keberangkatan KLIA2 pada Senin (13/02) oleh dua perempuan dengan menggunakan kimia.

Seorang perempuan Indonesia, Siti Aishah, dan seorang pria warga Malaysia yang diketahui sebagai kekasih perempuan itu ditahan aparat keamanan Malaysia pada Kamis (16/02).

Sebelumnya seorang perempuan yang menggunakan paspor Vietnam juga telah ditangkap.

Kedua perempuan tersebut akan ditahan selama tujuh hari untuk menjalani pemeriksaan.

Siti Aishah, sebagaimana diungkapkan oleh Kepolisian Kerajaan Malaysia, adalah perempuan kelahiran Serang, Banten yang paspornya dikeluarkan Kantor Imigrasi Jakarta Barat.

Ia diidentifikasi dari rekaman video pengawas di bandara. Ia sedang sendirian ketika ditangkap, kata polisi.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, KBRI di Kuala Lumpur telah berkoordinasi dengan aparat Malaysia, "terkait adanya pemberitaan mengenai ditangkapnya seorang perempuan pemegang paspor Indonesia yang diduga terlibat dalam pembunuhan seorang laki-laki asal Korea Utara."

Sejak adik tirinya ditunjuk untuk melanjutkan kepemimpinan ayah mereka, Kim Jong-il, Kim Jong-nam memilih hidup jauh dari sorotan publik dan menghabiskan waktunya di Makau, Cina dan Singapura.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar