Jumat, 18 Agustus 2017

Tiongkok Menentang Segala Aksi yang Merugikan Kedaulatan Tiongkok dengan Alasan Kebebasan Penerbangan

Kamis, 16 Februari 2017 22:30

Ayo berbagi!
Baru-baru ini ada pemberitaan yang mengatakan bahwa AS siap mengirimkan kapal induk bertenaga nuklir USS Carl Vinson beserta para kapal perang pengiringnya ke Laut Tiongkok Selatan untuk menjalankan misi pemeliharaan kebebasan pelayaran di kawasan itu. Diberitakan pula armada AS itu berkemungkinan memasuki daerah perairan sekitar pulau dan karang milik Tiongkok.

Terkait hal itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Geng Shuang menyatakan, kedaulatan Tiongkok pada pulau-pulau di Laut Tiongkok Selatan beserta daerah perairan di sekitarnya tak dapat disangkal. Tiongkok menghormati dan memelihara kebebasan pelayaran dan penerbangan semua negara di Laut Tiongkok Selatan berdasarkan hukum internasional, namun Tiongkok dengan tegas menentang negara manapun yang merugikan kedaulatan dan keamanan Tiongkok dengan alasan kebebasan penerbangan dan pelayaran.

Geng Xhuang mengatakan, sekarang ini, di bawah upaya bersama Tiongkok dan negara-negara ASEAN, situasi Laut Tiongkok Selatan cenderung berkembang ke arah yang baik dan positif. Tiongkok berharap negara-negara di luar kawasan ini menghormati upaya Tiongkok dan ASEAN, bersama-sama memelihara dan memperkukuh arah perkembangan tersebut.

Jubir itu menambahkan, Tiongkok mendesak AS tidak mengambil tindakan apapun yang memprovokasi kedaulatan dan keamanan Tiongkok, sekaligus menghormati upaya-upaya pemeliharaan perdamaian dan kestabilan yang dilakukan negara-negara di kawasan ini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar