Jumat, 21 Juli 2017

Kuil Thailand di bawah kendali militer untuk mencari seorang biksu

Kamis, 16 Februari 2017 22:00

BBC Indonesia BBC Indonesia
Ayo berbagi!

Kepolisian Thailand sudah memasuki satu kuil Buddha di pinggiran ibu kota Bangkok untuk mencari seorang biksu yang dituduh terlibat pencucian uang.

Aparat mulai memasuki Kuil Wat Dhammakaya, Kamis (16/02) setelah upaya sebelumnya terhalang oleh ribuan pengikut setia biksu tersebut, yang datang ke kuil untuk melindunginya.

Phra Dhammajayo diperkirakan bersembunyi di salah satu bagian dari kuil besar, dengan rancangan, yang bagi banyak orang seperti piring terbang raksasa.

Dia dituduh menggelapkan uang dari kuil dan upaya menangkapnya Juni lalu dihalangi para pengikutnya.

Namun pria berusia 72 tahun itu membantah tuduhan yang menurutnya bermotif politik dan tinggal di dalam kuil selama berbulan-bulan tanpa pernah keluar serta menolak bertemu aparat dengan alasan sakit.

Dalam operasi hari Kamis, pihak berwenang lebih dulu mengerahkan ratusan polisi maupun tentara ke sekeliling kuil dan menutup jalanan dari atau ke kuil dengan menetapkan kuil berada di bawah kendali milter.

"Kami menutup kuil dan setelah itu akan melakukan pencarian di seluruh gedung," jelas Kolonel Paisit Wongmaung, Kepala Departemen Penyelidikan Khusus, DSI.

"Jika dia berpendapat tidak bersalah, seharusnya menyerahkan diri dan mengikuti proses hukum," tambahnya.

Sekitar 4.000 polisi dan tentara dikerahkan dalam blokade atas kuil dengan perintah 'mencegah orang masuk maupun keluar', seperti tertulis dalam pernyataan Kuil Wat Dhammakaya.

Beberapa upaya sebelumnya untuk membujuk biksu itu agar bersedia keluar dari kuil tidak berhasil.

Thailand dipimpin oleh rezim militer sejak kudeta tahun 2014, yang menggulingkan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar