Sabtu, 16 Desember 2017

Polri tingkatkan antisipasi kerawanan Pilgub DKI putaran dua

Jumat, 17 Februari 2017 09:04

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar. Foto: Antara Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar. Foto: Antara
Ayo berbagi!

Polri menyampaikan akan kembali meningkatkan pengamanan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta putaran kedua.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar menyebut Polri akan mengantisipasi kerawanan dalam Pilkada DKI putaran kedua. Namun Polri yakin kedewasaan warga Jakarta berdemokrasi akan membuat kondisi tetap aman.

“Ada, hal itu (potensi kerawanan) ada. Lebih panas dari putaran pertama. Potensi seperti itu harus jujur kita katakan ada,” kata Boy di Mapolres Metro Tangerang, Jalan Daan Mogot, Tangerang, Banten, Kamis (16/2).

Kampanye hitam termasuk politik uang, disebut Boy berpotensi terjadi. Pemungutan suara putaran kedua akan digelar pada 19 April.

“Bentuk kerawanannya banyak sekali. Berkaitan dengan politik uang, pelanggaran tindak pidana pemilu sendiri, intimidasi, kampanye hitam yang mengarah pelanggaran hukum di dunia maya, bentrok antar para pendukung. Cuma kita optimis bahwa tingkat kedewasaan masyarakat dalam berdemokrasi sudah semakin bagus,” sambungnya.

Informasi NTMC Polri, Polri meminta semua pihak ikut menjaga kondisi keamanan dan ketenangan di masyarakat. Para tokoh masyarakat dan pemuka agama, kata Boy, harus berperan.

“Oleh karena itu peran dari elite politik penting. Kemudian tokoh agama, masyarakat, untuk bisa menjadi faktor utama menunjukkan kesejukan di tengah masyarakat,” imbuh dia.

Boy sebelumnya mengatakan kesiapan Polri melakukan pengamanan dibantu jajaran TNI. Polri sudah menyiapkan skema pengamanan putaran kedua, termasuk berkoordinasi dengan KPU.

“Bagi daerah-daerah yang nantinya akan masuk dalam putaran kedua, kepolisian telah menyiapkan rencana pengamanan sudah dipersiapkan di daerah-daerah yang diprediksi akan pilkada dua putaran. Penyiapan personel pengamanan, berikut juga anggaran yang telah dipersiapkan. Kita mengawal proses demokrasi,” ujarnya.

Masih ada lagi informasi Pilgub DKI Jakarta 2017 menarik untuk anda, klik disini.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-der

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar