Jumat, 28 April 2017

7 Cara Mudah untuk Meningkatkan Daya Ingat

Jumat, 17 Februari 2017 12:00

courtesy https://www.cermati.com/artikel/7-cara-mudah-untuk-meningkatkan-daya-ingat courtesy https://www.cermati.com/artikel/7-cara-mudah-untuk-meningkatkan-daya-ingat
Ayo berbagi!

Daya ingat merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki manusia dengan memaksimalkan otak. Daya ingat sangat penting fungsi dan penggunaannya karena dengan adanya daya ingat maka kegiatan, belajar dan bekerja menjadi mudah fungsinya.

Banyaknya beban pikiran bisa membuat daya ingat Anda menjadi lebih lemah dan tentu saja hal ini akan mengganggu Anda baik selama proses belajar atau bekerja. Jika Anda memiliki daya ingat yang lemah lalu bagaimana memaksimalkan daya ingat ? 7 cara ini mungkin dapat membantu.

1. Olahraga yang Teratur

olahraga yang teratur

Olahraga yang Teratur via balisoulmate.com

 

Olahraga merupakan kegiatan yang bisa meningkatkan daya ingat otak. Dengan berolahraga seluruh tubuh akan bekerja dan juga terlatih sehingga tidak akan mengalami ketumpulan fungsi. Selain itu dengan olahraga aliran darah akan berjalan lancar.

Olahraga meningkatkan sistem peredaran darah. Bahkan latihan sehari-hari yang sederhana tapi rutin seperti berjalan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. Sedangkan daya ingat dibutuhkan kinerja otak. Cukup dengan berolahraga selama 20 menit setiap hari, Anda juga bisa menerapkannya dengan cara berenang, lari ringan atau bersepeda setiap harinya.

2. Makanan yang bernutrisi

Makanan bernutrisi merupakan alternatif kedua dimana Anda bisa meningkatkan daya ingat pada otak. Makanan merupakan sumber energi dan sumber nutrisi untuk menambah kinerja organ tubuh semakin baik lagi.

Survei dalam beberapa dekade terakhir, telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berkontribusi untuk meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat. Makanan yang bisa dikonsumsi merupakan makanan jenis berserat, kaya antioksidan dan bervitamin. Semua nutrisi tersebut bisa didapat di dalam buah.

Baca Juga : Dengan 21 Cara Ini, Anda Bisa Sukses Mengatur Waktu

3. Tidur dengan Baik

Selanjutnya yakni tidur yang teratur dan benar. Kebanyakan orang terlalu lama tidur yang menyebabkan otak tidak digunakan untuk berpikir dalam waktu yang lama, atau sebaliknya ketika Anda memaksa untuk begadang dan menggunakan otak terlalu lama dan tidak istirahat. Tidur delapan jam sehari agar otak bisa beristirahat dan kembali dengan segar keesokan harinya.

Namun di dunia yang sibuk seperti sekarang, apalagi buat mereka yang sekolah dan bekerja, tidur delapan jam sehari sulit rasanya. Cara lain yang bisa dilakukan untuk tetap bisa memberikan otak istirahat yang cukup. Setelah berkegiatan luangkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan otak.

4. Memainkan Permainan

memainkan permainan

Memainkan Permainan via club31women.com

 

Permainan dibuat tidak hanya untuk menghibur dan mengisi waktu kosong. Bermain ternyata bisa meningkatkan kinerja otak dan daya ingat. Apalagi permainan sekarang ini sudah dikategorikan untuk masing-masing bagian kinerja otak, seperti konsentrasi, daya ingat, refleksi dan lainnya. Anda bisa menemukan berbagai permainan otak dalam aplikasi di smartphone.

Lakukanlah cukup 20 menit saja per hari, karena jika terlalu sering dilakukan, otak akan terbiasa dan Anda akan kecanduan. Bermainlah untuk menghibur dan menyenangkan tubuh dari kegiatan yang super padat.

5. Bergaul dan Bersosialisasi

Bergaul ternyata bisa meningkatkan daya ingat. Bersosialisasi dan bergaul mengasah otak untuk mengingat momentum atau kejadian dan orang-orang yang ada didalamnya. Manfaatkan konsep supel dan mudah bergaul. Jangan menjadi orang yang anti sosial karena Anda tidak akan tahu dunia.

Kerugian lainnya adalah tidak bisa mencoba langsung seberapa hebat daya ingat Anda sebenarnya. Misalnya bagi para anti sosial akan sulit mengingat teman saat masih di sekolah dasar.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Kecil yang Membuat Anda Sukses

6. Jangan Berhenti Belajar dan Berusaha

Bagaimana Anda mau mengingatnya jika tidak pernah belajar atau mengulang kembali apa yang perlu diingat. Terutama untuk mahasiswa dan juga anak-anak sekolah. Membaca, mengikuti kuliah, program, informasi di televisi dan internet, merupakan sumber pendidikan berkelanjutan untuk otak Anda yang tentu saja akan mendatangkan hasil yang bermanfaat untuk perkembangan daya ingat Anda. Asah kemampuan daya ingat Anda untuk hal-hal yang berguna.

7. Sering Membaca

sering membaca

Sering Membaca via hipwee.com

 

Mungkin salah satu kebiasaan ini ada yang menyukainya ada juga yang tidak. Karena bagi beberapa orang membaca merupakan hal yang membosankan dan juga membuat Anda mudah mengantuk. Padahal semakin banyak membaca maka daya ingat semakin terasah.

Mengikuti sistem pisau semakin diasah akan semakin tajam, maka otak akan ikut terasah jika semakin membaca. Luangkan waktu,  walaupun hanya untuk membaca hal-hal kecil seperti artikel atau berita sekilas yang sering ada pada ponsel pintar sekarang ini.

Gaya Hidup Sehat Kunci Daya Ingat yang Sehat

Gaya hidup sehat tidak hanya kunci untuk tubuh yang sehat tapi juga dapat meningkatkan daya ingat, terus terapkan gaya hidup yang sehat demi kelancaran Anda belajar dan bekerja. Dengan daya ingat yang baik tentu akan mempermudah Anda dalam mendapatkan hasil kerja yang lebih baik.

Baca Juga : 25 Cara Hidup Sehat

 

Artikel disalin secara otomatis, Baca artikel aslinya di Cermati.com

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-MiE

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar