Minggu, 24 September 2017

Ahok: Normalisasi sungai langkah terbaik atasi banjir Jakarta

Jumat, 17 Februari 2017 12:35

Ayo berbagi!

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan bahwa normalisasi sungai merupakan langkah terbaik untuk mengatasi banjir di Jakarta.

Hal tersebut dikatakan Ahok kepada wartawan, termasuk Reporter Elshinta, Johan Sarjono, Jumat (17/2).

Sebelumnya, calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengemukakan idenya bahwa menanggulangi banjir di Jakarta bisa dengan cara vertical drainage. Namun Ahok enggan menanggapi lebih jauh soal usulan tersebut. 

"Saya enggak bisa tanggapi lah. Yang pasti kalau nggak normalisasi sungai ya nggak mungkin. Kita kalau semua nggak dilebarkan, nggak ditinggikan, ya nggak mungkin," ujar Ahok di Balai Kota.

Ahok mengaku jika normalisasi sungai di beberapa titik membutuhkan waktu. Pasalnya tidak mungkin jika tidak dilebarkan dan tidak ditinggikan. 

Selain itu, Ahok juga mengungkapkan mengenai relokasi warga di kawasan rawan banjir ke rumah susun. Menurutnya, butuh waktu tiga tahun untuk melatih warga pindah ke rumah susun.

"Jadi butuh 3 tahun latih orang pindah rumah susun. Karena mau gimana? Ini kan mesti pindahin ke rumah susun, rumah susun bangun juga butuh kontraktor, kontraktor jelek kamu pasti coret. Masa dalam setahun butuh perbaikan? Kan ada waktunya," jelas Ahok.

Ahok menambahkan, apabila masih ada satu sungai yang belum dinormalisasi maka volume air saat musim hujan jadi tinggi dan akan masuk ke rumah warga. Maka karena itu, Ahok menyarankan agar lubang-lubang saluran air tidak dibuka ketika volume air meluap di sungai.

"Makanya yang penting lubang-lubang yang ditutup itu jangan buang air saluran ke sungai. Ada sungai yang tinggi, lebih baik lubang nya ditutup juga. Kalau nggak, dia pasti balik," tandas Ahok.

Penulis: Devi Novitasari

Editor: Dewi Rusiana

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar