Jumat, 21 Juli 2017

Rumah tangga sasaran utama sosialisasi Apar

Jumat, 17 Februari 2017 18:36

Ilustrasi. Foto: ist Ilustrasi. Foto: ist
Ayo berbagi!

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Mataram Ki Agus M Idrus segera melakukan sosialisasi penggunaan alat pemadam api ringan dengan sasaran utama rumah tangga.

"Rumah tangga terutama ibu-ibu menjadi sasaran sosialisasi penggunaan alat pemadam api ringan (Apar), karena rumah tangga dinilai sangat rawan terhadap bencana kebakaran," katanya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat (17/2).

Ia menilai, rumah tangga menjadi titik rawan kebakaran karena dari data yang terhimpun menyebutkan rata-rata bencana kebakaran terjadi pada tingkat rumah tangga.

Sementara untuk kasus kebakaran di hotel, pusat pertokoan dan lainnya relatif sangat rendah, bahkan untuk hotel bisa dikatakan tidak ada.

"Karena itulah, dalam kegiatan sosialisasi penggunaan Apar tahun ini akan menyasar ibu-ibu rumah tangga, karena merekalah yang lebih aktif melakukan aktivitas dengan api dan listrik," ujarnya.

Seperti kejadian kebakaran yang terjadi Februari ini ditiga lokasi yakni Lingkungan Banjar, Gebang, dan pengusaha "laundry" terjadi karena arus pendek dan kompor gas.

Namun, berkat kesigapan warga sekitar yang membantu proses pemadaman api sebelum petugas tiba di lokasi, api sudah hampir padam.

"Saat petugas kami tiba dilokasi, petugas tinggal menyemprot pusat api agar tidak menyebar ke tempat yang lebih luas," kata Ki Agus yang baru dilantik menjadi Kepala Dinas Pemadam Kebakaran pada Jumat (10/2).

Mantan Camat Ampenan ini mengatakan, dengan kesigapan warga dan petugas pemadam kebakaran itu, tidak menimbulkan kerugian yang signifikan.

Dikatakan, keberhasilan kinerja pemadam kebakaran diukur dari pencegahan dan penangan untuk mematikan api secepat mungkin.

"Dalam upaya pencegahan ini, sosialisasi dan pengawasan sangat penting," ujarnya.

Oleh karena itu, selain akan melakukan sosialisasi terhadap penggunaan Apar, pihaknya juga akan menyerahkan bantuan Apar kepada masyarakat.

"Keberadaan Apar di setiap rumah tangga penting sebagai upaya antisipasi terjadinya kebakaran, karena Apar ini mampu mematikan api dalam skala kecil," katanya. (Ant)

(Sik)

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-DeN

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar