Rabu, 29 Maret 2017

BI catat inflasi pekan kedua Februari 0,35 persen

Jumat, 17 Februari 2017 18:17

Ayo berbagi!

Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa berdasarkan Survei Pemantauan Harga (SPH) hingga pekan kedua Februari 2017, laju Indeks Harga Konsumen (IHK) tercatat inflasi sebesar 0,35 persen.

"Pada pekan kedua Februari 2017, berdasarkan survei kami inflasi ada di kisaran 0,35 persen. Tentu ini adalah lebih baik karena di Januari cukup khawatir, inflasi 0,97 persen (m-t-m)," kata Gubernur BI Agus Martowardojo saat ditemui di kompleks perkantoran BI Jakarta, Jumat (17/2).

Dikutip dari wartaekonomi, Agus menjelaskan, ke depan sumber-sumber inflasi masih ada dari komponen harga disesuaikan pemerintah (administered prices) dan ada juga sebagian dari komponen harga pangan bergejolak (volatile foods).

"Memang sumber-sumber inflasi itu masih ada yang karena penyesuaian harga listrik, terus juga ada beberapa bagian dari volatile foods, seperti cabai merah, cabai rawit, bahkan bawang merah juga memberikan kontribusi," papar Agus Marto.

Namun demikian, jelas dia, hingga pekan kedua Februari ini harga daging ayam dan telur sudah mencatatkan deflasi.

"Kalau dilihat dari survei BI, kurang lebih pekan kedua ini inflasi 0,35 persen. Sedangkan secara year-on-year menjadi 3,95 persen," tuturnya.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-SiK

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar