Selasa, 25 April 2017

65 proyek bendungan di Indonesia menggunakan tenaga kerja dalam negeri

Jumat, 17 Februari 2017 21:33

Foto: Kontributor Elshinta, Sutini. Foto: Kontributor Elshinta, Sutini.
Ayo berbagi!

Pada tahun 2017 ini, Pemerintah akan membangun 49 bendungan baru di seluruh Indonesia dimana proyek-proyek tersebut secara keseluruhan menggunakan tenaga kerja dalam negeri termasuk 16 bendungan yang tahap penyelesaian.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR), Basuki Hadimuljono bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani disela-sela meninjau Bendungan Logung Kudus, Jawa Tengah, Jumat (17/2 ) sore ini mengatakan, semua proyek bendungan yang ada di Indonesia saat ini menggunakan tenaga kerja dan kontraktor dalam negeri.

Dimana pada tahun 2017 akan ada sebanyak 49 bendungan baru sedangkan 16 bendungan tahap pengerjaan sehingga total ada 65 bendungan. Salah satu bendungan yang tahap pembangunan yakni bendungan logung di Kabupaten Kudus yang sudah dibangun sejak tahun 2015.

Dikatakan Basuki, Pekerja di proyek bendungan logung terdapat 300 tenaga kerja dan akan bertambah menjadi 550 orang tenaga kerja. Yang mana proyek tersebut ditargetkan selesai pada tahun 2018 mendatang dengan anggaran Rp604 miliar.

Ditambahkan Basuki, keberadaan bendungan logung sangat penting bagi masyarakat karena akan mengairi 5355 hektar sawah, berfungsi sebagai cadangan air baku karena mampu menghasilkan air sebanyak 200 liter perdetik atau mencukupi 150 ribu KK dan juga menjadi pengendali banjir dari lereng Gunung Muria.

Basuki optimis target penyelesaian proyek bendungan logung akan tercapai melihat rerealisasi pencapaian saat ini sebesar 44 persen.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pembangunan bendungan logung mengunakan anggaran dari APBN selama 4 tahun anggaran. Dimana pihaknya mengapresiasi upaya dari pemerintah daerah dalam menyelesaikan permasalahan pembebasan lahan sehingga semua lahan sudah dibebaskan.

Dikatakannya, keberadaan bendungan logung secara ekonomis akan berdampak terhadap masyarakat kudus apalagi kabupaten Kudus merupakan penyumbang ekonomi terbesar di Indonesia.

Penulis: Andi Juandi

Editor: Sigit Kurniawan.

Ikuti Twitter @ElshintaDotCom untuk mendapatkan seluruh Informasi terbaru dari Elshinta.
REDAKSI-AnJ

Mari Berbagi berita ini!

Info dari Anda

Komentar